Tuesday, December 4, 2018

Bingung Mau Bisnis Apa? Yuk Cari Tahu dengan Google Primer

"Saya mau membuka bisnis nih, tapi saya masih bingung bisnis apa yang cocok bagi saya?"


Banyak sekali orang-orang curhat dengan saya, bahkan orang yang usianya lebih tua dibandingkan saya sekalipun memiliki problem atau masalah yang sama.

Saat ini banyak sekali orang yang ingin membuka usaha atau bisnis sendiri, kebanyakan dari mereka adalah orang yang bosan dengan pekerjaan di kantor atau full time worker

Tujuan mereka biasanya ingin mendapat penghasilan yang lebih atau memiliki waktu luang yang banyak buat keluarga.

Kemudian mereka dihadapkan dengan kebingungan ingin memulai usaha atau bisnis apa.

Saya sendiri bukan pengusaha yang sukses yang bisa memberikan solusi untuk masalah tersebut karena saya sendiri pun masih belajar berbisnis.

Saya belajar berbisnis sejak saya kuliah tahun 2013 lalu.

Saya belajar secara otodidak, dan juga kebetulan orang tua saya keduanya juga memiliki bisnis jadi saya sedikit banyak tertular ilmunya.

Pada tahun 2013 saya mulai berbisnis kecil-kecilan yang modalnya tidak sampai seratus ribu untuk membeli bahan, saya saat itu berbisnis aksesoris wanita seperti gelang, kalung, bros, dll, yang saya buat sendiri secara handmade.

Karena pada saat itu saya memiliki waktu luang ditengah kuliah saya yang tidak begitu sibuk karena baru masuk tahun kedua.

Saya hanya menjual produk saya di teman-teman kuliah saya untuk awal penjualan yang saya lakukan, kemudian mereka menyarankan untuk menjual secara online.

Ketika saya mencoba menjualnya secara online ternyata responnya positif.

Saya mendapat banyak customer dari teman-teman yang tinggal di kota lain yang saya kenal melalui Facebook, karena saya menawarkan produk saya pertama kali di Facebook.

Dari situlah saya mendapat banyak customer dan kemudian saya mencoba menjual produk saya di market place seperti Shopee dan Tokopedia.

Singkat cerita saya ingin penjualan produk saya bisa sampai ke luar negeri jadi saya ikutan seminar dan workshop yang diadakan di kota tempat saya tinggal yang membahas topik tersebut.

Workshop maupun seminar itu sangat membantu bisnis saya, saya mendapat relasi baru dan juga ilmu dari pengusaha sukses lainnya.

Namun bukan hanya itu saja, kita pun harus selalu belajar bagaimana cara meningkatkan bisnis kita.

Bagaimana caranya?

Kita bisa searching di internet, banyak sekali topik di internet yang membahas seputar bisnis, rugi kan kalau internet hanya digunakan untuk searching gosip, hehe

Setelah saya searching di Google, saya menemukan sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat (ini bukan sponsor ya), ini benar-benar aplikasi gratis yang sangat berguna menurut saya.

Nama aplikasinya adalah Google Primer.

Saya pernah membahas aplikasi ini di postingan saya sebelumnya :


Dalam aplikasi Google Primer ini kita dapat belajar mulai dari menentukan ide bisnis, step pertama yang harus dilakukan dalam berbisnis, membangun merek, website, maupun brand, cara promosi, sampai dengan bagaimana caranya dapat memaksimalkan penjualan. 

google primer
Pelajaran di Google Primer

Pokoknya lengkap banget untuk panduan berbisnis.

Di aplikasi ini juga ada test ringan seperti menjawab pertanyaan untuk mengetes apakah kita sudah siap memulai sebuah bisnis.

Bagi saya rugi sekali jika ada aplikasi gratis seperti ini namun tidak dimanfaatkan dengan baik.

Selain semua keuntungan diatas ada keuntungan lain yaitu kita mendapat badge keterampilan dari pelajaran yang sudah kita selesaikan, untuk saat ini saya belum tau apa manfaat badge yang ada di profil kita tersebut, namun jika nanti saya mengetahui akan saya tambahkan di tulisan ini.

profile google primer
Tampilan Profil di Google Primer

Nah, yang menarik lagi adalah ketika kalian misalnya tidak dapat menyelesaikan pelajaran tersebut saat itu juga, kita bisa berhenti dulu, kemudian kita bisa meneruskannya kembali besok, ketika kita memiliki waktu luang untuk membaca.

Anda tidak usah khawatir takut mengulang bacaan sebelumnya karena otomatis halaman yang sudah dibaca akan tersimpan, jadi ketika besok kita membuka pelajaran tersebut maka langsung diarahkan ke halaman terakhir yang kita baca.

Anda juga bisa memilih topik bacaan sesuai dengan kategori yang anda mau, di Google Primer tersedia beberapa kategori seperti gambar dibawah ini.

category google primer
Kategori yang ada di Google Primer

Dalam aplikasi ini kita dapat memiliki 13 keterampilan sekaligus.

Banyak banget kan manfaatnya.

Oh ya, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan ilmu gratis yang lengkap seperti ini, mungkin akan sangat mahal jika anda harus mengambil sebuah kursus untuk pelajaran ini.

Jika anda ragu dengan ulasan saya ini, silahkan download dulu aplikasi tersebut dan nilai sendiri manfaatnya, jika menurut anda aplikasi tersebut tidak bermanfaat, silahkan anda bisa langsung menghapusnya dari perangkat anda.

Menurut saya tidak ada ruginya untuk mencoba, terima kasih sudah membaca dan semoga sukses dengan bisnisnya :)





Bagikan

Jangan lewatkan

Bingung Mau Bisnis Apa? Yuk Cari Tahu dengan Google Primer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel seperti di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru yang saya tulis, tidak ada spam atau sejenisnya kok :)

Kalau teman-teman punya komentar atau mungkin ingin berdiskusi seputar topik diatas boleh kok tulis di kolom komentar :)