Thursday, January 3, 2019

Salah Memberi Alamat Email? Apakah email bisa diterima? Ya, Ini Solusinya

Source : Pexels

Pernahkan anda mengirimkan email penting ke alamat email yang salah?

Atau anda memberikan alamat email kepada orang lain namun ternyata anda memberikan alamat email yang salah?

Pasti anda bingung, khawatir atau jika anda tidak menyadarinya kemungkinan akan berdampak buruk karena email yang anda kirim tidak sampai ke alamat email tujuan.

Atau jika anda mengirim dokumen penting ke alamat email yang salah bisa jadi dokumen penting tersebut di salah gunakan oleh penerima yang tidak anda kenal.

Bagaimana solusinya untuk mendapatkan email tersebut? mari simak penjelasan di bawah ini.

Kemarin ada seseorang yang menanyakan tentang bagaimana cara mendapatkan email di alamat email yang salah, karena tanpa sengaja dia menambahkan titik di alamat email tersebut.

Begini sepengetahuan saya,,

Jika anda menggunakan Gmail untuk alamat email tersebut mungkin email masih bisa anda dapatkan, karena Gmail bersifat unik seperti yang di jelaskan di Google Help.

Dijelaskan pula disana jika seseorang tidak sengaja menambahkan titik di alamat email tersebut, misalnya saya kasih contoh biar anda tidak bingung.

Jika email anda adalah rennyxiao@gmail.com, kemudian seseorang tidak sengaja mengetikkan email dengan format yang salah seperti berikut :

1. renny.xiao@gmail.com
3. re.nny.xi.ao@gmail.com
2. r.e.n.n.y.x.i.a.o@gmail.com

maka email akan tetap diterima oleh rennyxiao@gmail.com, karena kita memiliki semua versi titik dari alamat email tersebut.

Namun perlu diingat bahwa jika anda menggunakan gmail dengan domain anda sendiri dari kantor atau sekolah seperti domainanda.com maka titik tetap mempengaruhi. Untuk mengubah titik atau lebih jelasnya bisa baca disini.

Beda lagi jika seseorang mengetikan huruf yang berbeda mungkin email tidak akan terkirim atau mungkin saja diterima jika email yang salah tersebut sedang digunakan oleh orang lain.

Jadi, jika anda mendaftar seperti contoh di atas rennyxiao@gmail.com maka tidak ada orang yang dapat mendaftar dengan nama email tersebut dengan menggunakan tambahan titik (seperti 3 contoh kesalahan penulisan email diatas).

Kecuali jika nama email rennyxiao@gmail.com sebelumnya belum pernah di daftarkan maka anda dapat mendaftar dengan nama email misal renny.xiao@gmail.com.

Sepengetahuan saya jika anda mendaftar dengan menggunakan titik seperti yang saya contohkan, dan anda memberikan email tanpa menggunakan titik pun email anda akan tetap diterima, saya sudah mencobanya kemarin malam.

Saya mencoba mengirim email ke alamat email imaasdenys@gmail.com padahal seharusnya emailnya adalah imaasdeny.s@gmail.com namun pas saya cek di inbox email tersebut masih bisa masuk.

Jadi kesimpulannya adalah jika anda mendaftarkan sebuah nama email, anda mendapatkan semua nama email yang menggunakan titik yang sesuai dengan nama email anda, dan juga jika anda mendaftar dengan menggunakan titik maka email yang tidak menggunakan titik pun tetap menjadi email milik anda. (susah sekali ini menjelaskannya, jangan bingung ya hehe)

Intinya penambahan titik tidak mempengaruhi alamat email di Gmail.
Kecuali jika mereka menambkan angka misal rennyxiao.88@gmail.com maka angka tersebut dapat mempengaruhi alamat email tersebut, dan email tidak dapat diterima.

Saya tidak tahu untuk email seperti Yahoo dll, apakah memiliki pengaruh yang sama atau tidak karena saya belum mengetahuinya.

Semoga artikel ini dapat membantu, jika ada pertanyaan bisa diskusi di kolom komentar.













Bagikan

Jangan lewatkan

Salah Memberi Alamat Email? Apakah email bisa diterima? Ya, Ini Solusinya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel seperti di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru yang saya tulis, tidak ada spam atau sejenisnya kok :)

Kalau teman-teman punya komentar atau mungkin ingin berdiskusi seputar topik diatas boleh kok tulis di kolom komentar :)