Monday, January 20, 2020

Peranan dan Fungsi Hutan Adalah Sebagai Sumber Pangan

Peranan hutan sebagai sumber pangan disini maksudnya adalah hutan bukan hanya bisa menghasilkan oksigen, tapi juga kekayaan hayati yang luar biasa yang dapat digunakan sebagai sumber pangan bagi setiap makhluk hidup.

Sangat disayangkan baru-baru ini banyak berita buruk yang membuat semua orang bersedih yaitu  banyaknya kejadian kebakaran hutan yang menimpa Indonesia, salah satunya yang terbesar di tahun 2019 ini adalah kebakaran hutan di Riau, bahkan statusnya sudah masuk ke tahap siaga.

Selain Riau, kebakaran juga terjadi di beberapa titik di Kalimantan Tengah dan juga Kalimantan Barat. Asap dari keseluruhan kebakaran hutan di Indonesia mempengaruhi kualitas udara yang buruk bahkan asapnya juga sampai di negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura.

Di tempat saya tinggal pun juga terjadi kebakaran hutan yang api dan asapnya juga bisa saya lihat dari beranda rumah.

Kebakaran hutan ini tidak hanya menimpa Indonesia saja, tapi negara lain juga ikut mengalami bencana ini, salah satunya Australia. Banyak sekali foto-foto yang di post di Instagram dari kebakaran tersebut dan juga satwa yang terbakar hangus, sedih dan miris.

Penyebab kebakaran hutan ini bisa terjadi karena kelalaian manusia atau juga karena musim kemarau yang berkepanjangan sehingga daun yang kering mudah sekali terbakar.

Disamping kurasakan akibat kebakaran hutan, kerusakan hutan juga kini kita bisa lihat dari banyaknya orang yang mengunjungi hutan kemudian meninggalkan sampah plastiknya disana. 

Kita semua harus sadar, jika hutan rusak, maka ekosistem bisa menjadi tidak seimbang. Karena fungsi hutan adalah penyeimbang ekosistem.

Semua makhluk hidup membutuhkan adanya hutan, termasuk manusia. Selain fungsi hutan adalah sumber sumber air, pengatur iklim, penyedia oksigen, dan juga mencegah erosi, hutan juga menyimpan kekayaan hayati dan sumber daya alam yang sangat besar. Karena kekayaan hayati itulah kita juga bisa menyebutkan bahwa fungsi lainnya dari hutan adalah sebagai sumber pangan.

Hutan menghasilkan sumber pangan mulai dari beraneka ragam jenis tumbuhan yang dapat tumbuh liar tanpa perlu dirawat, dan beberapa jenis tumbuhan tersebut dapat kita konsumsi sebagai obat herbal maupun sebagai bahan baku makanan.

Apakah teman-teman sudah pernah mengkonsumsi sebuah menu makanan yang bahan bakunya berasal dari hutan? atau teman-teman masih belum tau kalau tanaman yang ada di hutan bisa menjadi sebuah hidangan yang lezat?

Saya pernah mengkonsumsi salah satu tanaman atau bisa disebut sayuran yang berasal dari hutan, namanya Pakis, ada juga yang menyebutnya tanaman Paku. Penyebutan tanaman ini mungkin akan sedikit berbeda disetiap daerah.

Source : Google Images
Tanaman ini bisa dimasak menjadi sayur dengan bumbu dan santan seperti gambar dibawah ini adalah sebuah makanan favorit saya, namanya sayur lodeh pakis.

Source : Kaskus
Selain lodeh, pakis juga bisa di tumis, atau hanya direbus saja kemudian digunakan sebagai lalapan dengan sambal.

Rasanya yang enak, kandungan gizi yang tinggi, dan tekstur yang empuk tapi tidak lembek menjadikan sayuran ini memiliki rasa yang enak.

Pakis ini agak sulit ditemukan di pasar modern, bahkan di pasar tradisional pun jarang atau tidak setiap hari tersedia.

Karena setahu saya, tanaman pakis ini baru dibudidayakan di beberapa daerah di Indonesia saja. Sehingga cukup sulit dijumpai setiap hari.

Dengan kandungan vitamin yang cukup tinggi dan juga baik untuk tubuh, tanaman ini sangat baik untuk dikonsumsi. Mungkin masih sedikit yang mengetahui manfaat dan kandungan vitamin dari tanaman ini.

Berdasarkan sebuah penelitian yang pernah saya baca, banyak sekali manfaat mengkonsumsi sayuran pakis ini. 

Pada tanaman pakis dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan kaya akan antioksidan. Selain vitamin C, pakis banyak mengandung asam fenolat.

Dan manfaat asam fenolat sendiri bagi tubuh adalah untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker dan jantung.

Jadi seharusnya kita semua tahu dan bisa mengolah dengan baik tanaman pakis ini.

Selain pakis, masih banyak sekali bahan baku makanan yang bisa diperoleh dari hutan, makanya kita wajib ikut menjaga dan melestarikan hutan, bukan hanya pemerintah saja yang wajib menjaga hutan, tapi kita semua

Sekarang banyak organisasi-organisasi pelestarian lingkungan hidup, salah satu organisasi lingkungan hidup yang ada di Indonesia adalah WALHI

Dalam website WALHI kita bisa menemukan berbagai diskusi dan kegiatan yang telah dilakukan dalam upaya melestarikan lingkungan hidup. Selain itu ada juga diskusi dan membahas isu-isu lingkungan. Mereka juga membagikan kegiatan mereka di sosial media instagram dan juga facebook.

Selain itu kita juga dapat menjaga dan melestarikan hutan dimulai dari hal kecil yang kita bisa lakukan, contohnya tidak membawa atau meninggalkan sampah plastik yang sulit diuraikan di hutan kita tercinta.

Yuk kita lindungi hutan, karena hutan juga adalah sumber pangan bagi kita semua.

Bagikan

Jangan lewatkan

Peranan dan Fungsi Hutan Adalah Sebagai Sumber Pangan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel seperti di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru yang saya tulis, tidak ada spam atau sejenisnya kok :)

Kalau teman-teman punya komentar atau mungkin ingin berdiskusi seputar topik diatas boleh kok tulis di kolom komentar :)